Rujak Cingur - Rasa Jawa Timur yang menggoyang lidah

6 Jun 2009

Siapa yang tak kenal dengan makanan Jawa Timur yang menggoda? Aneka makanan khas yang sangat banyak peminatnyarujak_cingur1 ini cukup banyak dikenal masyarakat Jakarta. Seperti makanan yang satu ini rujak cingur. Makanan khas Jawa Timur dengan bahan utama cingur atau hidung sapi. Cingur yang memiliki tekstur kenyal mirip kikil dan jika diolah dengan benar sanagt nikmat untuk disantap. Bumbu utama rujak ini bernama petis. Petis adalah bumbu yang dibuat dari produk sampingan pengolahan makanan berkuah (biasanya dari pindang, kupang atau udang) yang dipanasi hingga kental menyerupai saus yang lebih padat. Warnanya coklat pekat hingga kehitaman. Ini lah bumbun yang sangat khas dari Jawa Timur.

Rujak cingur yang terbuat dari aneka buah-buahan (kedondong, mangga muda, belimbing, nanas, bengkuang, mentimun, krai segar sejenis mentimun), sayur-sayuran (krai rebus, kangkung, kacang panjang, kecambah), tempe goreng, tahu goreng, lontong, tidak ketinggalan cingur dan kerupuk. Sungguh makanan yang bergizi dan memenuhi syarat kesehatan. Selain bahan yang mudah didapat juga bahan-bahannya relatif cukup murah.

img_rujakDan ternyata di Jakarta ini sudah ada warung makan yang menyediakan rujak cingur yang enak dan dengan harga yang terjangkau. Warung Asmuni yang berlokasi di Slipi, Jakarta Barat menjadi tempat yang pas bagi penikmat makanan khas Jawa Timur. Warung Asmuni masih mengimpor bahan-bahan untuk rujak cingur dari asalnya. Jadi rasa khasnya tidak akan hilang. Soal harga juga anda tidak perlu khawatir karena warung Asmuni tidak mematok harga yang terlalu tinggi. Cukup dengan 20ribu rupiah saja kita sudah dapat makan kenyan dan puas.

Warung Asmuni tidak saja menjual rujak cingur saja. Tetapi makanan khas Jawa Timur lainnya. Seperti nasi pecel, rawon, krengsengan, tempe penyet, lontong balap, lontong mie, tahu tek, dan masih banyak yang lain. Anda pasti penasaran kan? Datang saja ke Warung Asmuni di Jl. Anggrek Cendrawasih, Kemanggisan, Jakarta Barat. (CT)


TAGS rujak cingur lidah menggoyang


-

Author

Follow Me